Stress

Kupas tuntas tentang Stress

Stress

auc3mkybvs
Kupas tuntas tentang stress, predisposisi, penyebab, gejala, pengobatan, komplikasi stress.
Dalam kehidupan sehari-hari, apakah dirumah atau diluar rumah maka tidak satupun orang tidak pernah mengalami stress karena stress sebenarnya adalah suatu refleksi kejiwaan alamiah pada semua orang. Suatu bentuk Stress yang perlu mendapat perhatian kita bila stress tersebut berkelanjutan dan dapat menggangu rencana dan aktifitas, berikut ini saya jelaskan beberapa bentuk stress menurut tempat kejadiannya dengan predisposisi, penyebab, pengobatan, pencegahan serta komplikasinya sangat berbeda, namun gejala-gejalanya hampir-hampir tidak bisa dibedakan. Dan apapun namanya…pada akhirnya berdampak “tidak nyaman”(Perasaan), “Perubahan Fisik/metabolisme tubuh ” , kadang-kadang kenginan untuk mengakhiri kehidupan ini. …… baca selengkapnya kupas tuntas stress 

Artikel yang berkaitan dengan Stress :

Gejala Stress 
Predisposisi Stress,
Penyebab Stress,
Komplikasi dan Penyakit yang menyertai Stress,
Pencegahan stress dan
Pengobatan stress.
Lowongan kerja bagi mereka yang stress akibat kehilangan pekerjaan.

ASR Search Engine

Filed under: stress, , , , , ,

Kupas tuntas stress

Jenis stress

Stress Mental
Stress Fisik
Stress Emosional

Stress Mental :
Suatu bentuk stress yang timbul karena respon dari luar (terlihat dan terasa) ataupun dari dalam (fikiran) yang tidak dapat diseimbangkan dengan kesiapan mental, kematangan pribadi misalnya disuatu keadaan anda pergi rekreasi bersama teman atau keluarga di pantai, tiba-tiba terjadi badai (terlihat), anda tidak bisa berbuat sesuatu , cemas, gelisah, takut dan selanjutnya anda tidak akan pernah mau pergi berekreasi kepantai, contoh yang lain seorang mahasiswa cerdas (intellectual), setiap kali menunggu hasil pengumuman ujian , selalu merasa cemas, ragu-ragu (Fikiran) yang mengakibatkan nafsu makan berkurang, kurang inisiatif melakukan sesuatu rencana atau kegitan atau mungkin seorang yang sangat berprestasi semasa memegang suatu jabatan, tetapi sewaktu mendekati masa pensiun ,ia lupa mempersiapkan diri, ia menjadi stress (pemikirannya) karena takut akan kehilangan pekerjaannya (post power stress), kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan karena lowongan kerja sangat banyak.

bersambung !!

Filed under: stress, ,

Cara Menghadapi Stress

Stress dapat terjadi pada siapa saja, Anda, keluarga atau pada orang lain, orang lain stress dapat mempengaruhi kita, kita stress dapat berpengaruh pada keluarga atau orang lain, oleh karena itu kita perlu mengetahui Gejala Stres yang timbul dan Penyebab Stress itu sendiri agar kita dapat memilih suatu cara menghadapi stress /Pengobatan

Cara menghadapi stress  tergantung bagaimana  kemampuan untuk mengendalikan diri ketika adanya situasi, kondisi, perubahan secara sadar atau tidak sadar yang kita tidak diinginkan.
Dalam keadaan normal semua orang mengalaminya. justru bila dikelola secara baik dapat meransang timbulnya motivasi positif.
Bagaimana Cara untuk meningkatkan kemampuan diri terhadap ransangan stress??

  1. Biasakanlah memperhatikan  lingkungan sekitar anda, mungkin ada sesuatu yang dapat dilakukan perubahan. Tata lah lingkungan anda supaya enak dipandang dan ramah
  2. Berilah kesempatan pada diri anda untuk beristirahat walaupun hanya untuk beberapa saat setiap hari. duduk tenang atau berbaring, hilangkan semua pemikiran yang lalu atau yang akan datang, sayangilah semua organ tubuh anda mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki perhatikan dan nikmatilah dan syukurilah rahmat/ organ ini.
  3. Analisa semua kekurangan anda dibandingkan dengan sipolan, dan jadikanlah kekurangan anda sebagai peluang/ kesempatan , mungkin hal ini agak sulit buat anda, tetapi jangan khawatir, lihatlatlah sijelek dapat menjadi pelawak terkenal, lihatlah sikurus kerempeng itu, ia dikenal lincah dan banyak ide.
  4. Jangan terlalu mempermasahkan hal sepele, berilah prioritas pada satu atau dua hal yang benar-benar penting (jangan terlalu banyak) dan fokuskan pada masalah tersebut dengan demikian anda mulai berubah cara bereaksi terhadap sesuatu
  5. Hindari Mengamuk,  Bingung, benci/dendam/iri hati, tertekan/depressi. Mengapa harus Marah sampai mengamuk, biasakan dengan ungkapan kata-kata tidak setuju. Mengapa harus bingung sampai gugup, biasakan bertanya, orang yang bertanya mungkin karena kurang jelas tetapi belum tentu bodoh. Mangapa harus benci/dendam/ iri-hati (ketiga sifat ini adalah sifat manusia yang sangat dilaknat oleh Allah dan orang yang mengidap ke 3  sifat ini selalu dihindari, tidak disenangi dan disepelekan oleh lingkungannya). Mengapa harus tertekan/ depressi akibat suatu Kegagalan , kehilangan, musibah ..ungkapkan dengan perasaan sedih.
  6. Hindari pekerjaan yang sangat melelahkan , berilah waktu untuk beridtirahat dan tidur cukup
    Biasakanlah berdiskusi positif dengan teman/ karabat , berilah perasaan anda untuk bercurhat .jangan sampai terpendam Jangan sekali-kali mengalihkan permasalahan ke penggunaan obat-obatan/ minuman, karena pengalihan ini pasti dan selalu memperburuk keadaan.
  7. Buatlah suatu kebiasaan dengan kegiatan-kegiatan fisik, misalnya jogging, tennis ataupun berkebun.

Apabila anda telah melakukan hal tersebut diatas tetapi anda masih merasakan kecemasan/ stress , cobalah dengan test ini .

Filed under: stress, ,

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.